Al-Qaeda Beri Hadiah 20kg Emas bagi Penangkap Pentolan Houthi



Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) menawarkan hadiah 20 Kg emas untuk siapa saja yang bisa menangkap pemimpin Houthi, Abdel-Malek al-Houthi, dan mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh.

Al-Qaeda mengklaim hadiah akan diberikan jika kedua tokoh itu ditangkap hidup atau mati. Dalam tulisan di sayembara itu, al-Qaeda sengaja menggulirkan isu sektarian, di mana kedua tokoh yang dicari itu dianggap sebagai kaum Syiah yang harus diperangi.

Hadiah 20 Kg emas itu, seperti dilansir CNN, Kamis (9/4/2015), jika dikonversi dengan uang maka nilainya sekitar US$774 ribu atau sekitar Rp9,9 miliar.

”Al-Houthi dan Saleh sebagai dua kepala kejahatan,”bunyi kutipan sayembar dari al-Qaeda itu.

Dalam konflik di Yaman, Houthi telah bersekutu dengan pasukan loyalis mantan Presiden Saleh untuk memerangi pasukan pemerintah sah Yaman di bawah kepemimpinan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi.

Presiden Hadi telah melarikan dari dari Yaman dan meminta perlindungan kepada Arab Saudi setelah milisi Houthi menyerang istana presiden.



Sayembara dari al-Qaeda itu muncul di saat korban jiwa dalam konflik di Yaman terus bertambah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, korban tewas dalam konflik di Yaman selama hampir tiga minggu sudah mencapai 643 jiwa dan korban luka sebanyak 2.226 orang.

”Ini adalah angka dari badan kesehatan satu-satunya yang berbasis (di Yaman), dan perkiraan korban jiwa cenderung terus meningkat,” kata Badan Kesehatan di bawah PBB itu dalam sebuah pernyataan.

Related Posts:

0 Response to "Al-Qaeda Beri Hadiah 20kg Emas bagi Penangkap Pentolan Houthi"

Posting Komentar