Batu Berharga senilai Rp3,8 Triliun Raib di Bobol Pencuri



Sekelompok pencuri berhasil menyikat batu berharga dan barang berharga lain bernilai total US$300 juta di London.

NPR News mengabarkan Rabu (8/4/2015), pembobolan itu terjadi di Hatton Garden Safe Deposit, London. Tempat itu, dikenal tempat penyimpanan para pengusaha berlian dan batu berharga Inggris. Polisi menjelaskan kawanan pencuri itu masuk lewat terowongan elevator, dan berhasil membobol dinding tebal sebelum menggarong isinya dari kotak penyimpanan.

Pembobolan itu baru diketahui oleh seorang karyawan yang masuk Hatton Garden Selasa pagi, usai liburan Paskah sejak Kamis pekan sebelumnya. Bunyi alarm sempat terdengar hari Jumat, namun tak jelas apakah polisi sempat datang.

Polisi belum dapat menentukan nilai total kerugian yang dialami pusat deposit kondang itu. Namun, Roy Ramm bekas pedagang berlian dan batu berharga dari unit Flying Squad, memperkirakan kerugian mencapai $ 300 juta atau sekitar Rp 3 triliun lebih.

Sementara itu, Barry Phillips, bekas kepala Flying Squad, badan anti kriminal dan pencurian menduga keras, aksi pembobolan itu dilakukan oleh sebuah organisasi canggih. "Para pencuri harus memastikan para penadahnya sebelum pembobolan dilakukan," katanya. Pihak polisi juga mengungkapkan, kawanan itu berhasil membongkar 70 sampai 300 kotak berlian dan batu berharga lainnya.

Related Posts:

0 Response to "Batu Berharga senilai Rp3,8 Triliun Raib di Bobol Pencuri"

Posting Komentar