Manusia 'Laba-Laba' Panjat Gedung 307 Meter di Dubai



Hanya butuh 65 menit bagi Alain Robert untuk memanjat Menara Cayan setinggi 309 meter di kawasan pelabuhan mewah Dubai, Uni Emirat Arab, Ahad malam. Padahal gedung pencakar langit itu memiliki kemiringan 90 derajat.

"Ini mimpi lama saya yang akhirnya jadi kenyataan," ujar Robert usai memanjat gedung itu, seperti dilaporkan Emirates 24/7, Senin 13 April 2015.

Robert mengaku sempat khawatir sebelum memanjat. "Saya gelisah sejak bangun pukul 5 pagi. Kekhawatiran itu karena berpikir ini panjatan terakhir saya." Ia kemudian memakan croissant dan minum latte. Meski demikian Robert tampak mulai memanjat dengan percaya diri.

Menurutnya, Menara Cayan juga terbilang sulit dipanjat. "Ini gedung yang tajam," katanya kepada Gulf News. Pria 52 tahun itu memang dikenal sebagai 'spiderman' karena kerap memanjat gedung-gedung tinggi. Salah satunya, Burj Khalifa setinggi 828 meter pada 2011.

Robert bahkan pernah ditahan dan didenda karena memanjat gedung tanpa izin dan peralatan pengaman. Saat memanjat Burj Khalifa, Robert hanya menggunakan tali dan baju pengaman karena disyaratkan. Ketika memanjat Menara Cayan, dia nyaris menggunakan tangan kosong, hanya bermodal kapur dan sepatu pemanjat.

Hingga kini Robert telah memanjat lebih dari 130 gedung tinggi di dunia. Selain Burj Khalifa, dia sudah menaklukkan Empire State Building, Menara Eiffel, dan Menara Petronas.

Kini Robert masih ingin mewujudkan mimpi memanjat Hotel Bur Al Arab. Sayangnya, pria yang tinggal di Bali itu harus kecewa karena pihak hotel membatalkan izin Robert untuk memanjat.

EMIRATES 24/7 | GULF NEWS

Related Posts:

0 Response to "Manusia 'Laba-Laba' Panjat Gedung 307 Meter di Dubai"

Posting Komentar