ISIS Bebaskan 216 Penganut Yazidi



Kelompok militan ISIS kembali membebaskan lebih dari 216 orang suku Yazidi pada Rabu (8/4). Diberitakan Reuters, kaum Yazidi ini disandera saat ISIS menggempur kampung mereka di timur laut Irak pada musim panas tahun lalu.

Menurut laporan pandangan mata jurnalis Reuters, 216 orang ini diserahkan kepada pasukan Peshmerga Kurdi di dekat Kota Kirkuk. Beberapa dari mereka sangat kelelahan dan tak dapat berkata-kata.

Seorang perempuan lanjut usia mengatakan bahwa ia ditangkap pada Agustus lalu ketika ISIS mengalahkan pasukan Yazidi di wilayah Sinjar dan berupaya menyapu habis populasi Yazidi.

Wanita yang enggan diungkap identitasnya ini menyuruh putra beserta dua orang anaknya untuk melarikan diri. Ia meminta untuk ditinggalkan karena merasa tidak bugar dan akan memperlambat langkah anaknya.

"Saya sudah kehilangan harapan dapat bertemu dengan anak saya lagi, tapi sekarang hal itu terjadi," katanya sambil dipeluk oleh keluarganya.



Ini merupakan kali kedua ISIS membebaskan sandera Yazidi. Sebelumnya, pada awal tahun ini ISIS juga membebaskan 200 tawanan Yazidi. Tidak jelas apa alasan ISIS mau membebaskan mereka.

Beberapa kaum Yazidi yang disandera mengaku ditahan di Tel Afar, tapi mendekati hari pembebasan, mereka dipindahkan dari satu kota ke kota lain. Para sandera awalnya berpikir itu adalah waktu mereka untuk dieksekusi.

Suasana tegang berubah membingungkan ketika bus ISIS malah membawa mereka ke pangkalan pasukan Peshmerga Kurdi. Para pemimpin komunitas Yazidi telah menanti mereka dengan mobil ambulans yang sudah bersiaga.

CNN

Related Posts:

0 Response to "ISIS Bebaskan 216 Penganut Yazidi"

Posting Komentar