Amerika Serikat Akui Belum Bisa Menjinakkan IS/ISIS





WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengakui, walaupun sudah melakukan segala cara untuk melawan ISIS, namun sampai saat ini mereka masih belum bisa menjinakkan kelompok tersebut. Pengaruh ISIS dalam kancah terorisme global dinilai masih terlalu kuat.

Direktur Badan Intelijen AS atau CIA, John Brennan menuturkan, AS terus menerus melakukan serangan terhadap basis ISIS, baik yang ada di Suriah ataupun di Irak dan juga sudah berhasil menutup sejumlah jalur pendanaan IS/ISIS. Tapi, kekuatan dan pengarus ISIS di mata Brennan tidak mengalami perubahan signifikan.

"Sayangnya, meskipun semua kemajuan kita dapat dalam melakukan perlawanan terhadap ISIS di medan perang dan di ranah keuangan, usaha kita tidak mengurangi kemampuan terorisme kelompok dan jangkauan global," ucap Brennan, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (16/6).

Brennan menambahkan, untuk bisa melawan ISIS, AS dan seluruh negara di dunia saat ini harus meningkatkan upaya mereka untuk melawan kampanye ISIS secara global. Bukan lagi hanya terbatas untuk melawan ISIS di Suriah, Irak atau negara lain di kawasan.

"Bahkan, sebagai upaya untuk memberikan tekanan lebih pada ISIS, kita menilai bahwa kita juga harus mengintensifkan kampanye melawan teror global yang dipakai ISIS untuk mempertahankan dominasinya dari agenda terorisme global," sambungnya.

Related Posts:

0 Response to "Amerika Serikat Akui Belum Bisa Menjinakkan IS/ISIS"

Posting Komentar