Rafli 'Kande' Bicara Pembangunan Aceh



Banda Aceh - Rafli Kande Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Aceh melakukan diskusi terkait proses pembangunan Aceh dengan Forum Paguyuban Mahasiswa Pemuda Aceh (FPMPA).

Adapun acara tersebut dilaksanakan pada jam 16.00 Wib di kantor DPD-RI komplek Taman Ratu Safiatuddin, Senin (23/3/2015).

Pada pembukaan diskusi Mufied Al-Kamal selaku ketua FPMPA menjelaskan tentang keberadaan FPMPA sebagai wadah bersama yang dibentuk oleh paguyuban yang ada di seluruh Aceh baik kabupaten maupun kota.

Dalam diskusinya Rafli Kande memaparkan segenap tugas, tanggung jawab dan wewenangnya serta aktivitasnya selama dia menjabat sekitar 7 bulan, sebagai anggota komite II DPD-RI yang membidangi terkait antara lain, Pertanian dan Perkebunan, Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, Perindustrian dan Perdagangan, serta Penanaman Modal, Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Itu adalah tugas-tugas saya yang harus saya kerjakan, jadi saya tidak boleh memcaplok hak orang lain yang bukan hak saya,” ujarnya.

Rafli mengatakan untuk membangun Aceh dibutuhkan kekuatan bersama baik dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Aceh maupun perwakilan Aceh ke tingkat Nasional.

"Jika hal tersebut tidak dijalankan maka tidak akan mendapatkan hasil sesuai yang diharapakan begitu pula halnya tak kalah penting keterlibatan Pemuda dan Mahasiswa. Dalam hal ini, kami senantiasa menyampaikan segenap persoalan yang terjadi di Aceh dengan Menteri-menteri, tinggal bagaimana pemerintah daerah sendiri yang follow up hal tersebut" papar Rafli.

Rafli juga mengajak seluruh paguyuban untuk terus mengawasi dan memantau perkebunan dan pertambangan yang ada di Aceh.

"Jika tidak memberi manfaat yang real kepada masyarakat maka lakukan moratorium saja," ungkapnya.



Selain itu, saat ditanyakan terkait realisasi turunan Undang Undang Pemerintah Aceh (UUPA), Rafli
mengatakan perlu kekompakan dan keikhlasan dari berbagai pihak. Tidak hanya sebatas pencitraan semata.

Di akhir sela-sela diskusi Rafli berharap agar ke depan FPMPA agar terus menjadi organisasi yang idealis dalam menjalankan tugasnya sebagai fungsi mengontrol pembangunan Aceh. 

[Anisrullah]

Related Posts:

0 Response to "Rafli 'Kande' Bicara Pembangunan Aceh"

Posting Komentar