Lawan Ancaman AS, Venezuela Siagakan 100.000 Pasukan



Hampir 100.000 tentara mengambil bagian dalam 10 hari latihan militer besar-besaran di seluruh Venezuela, yang tujukan untuk melawan ancaman AS. Ini menyusul keputusan Washington untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap pejabat Venezuela pekan lalu.

Venezuela disebut terus meningkatkan porsi latihan tempur pasukan militernya dalam sepekan terakhir, guna bersiaga menghadapi situasi yang tidak terduga.

"Pelatihan yang mayoritas dilakukan di selatan Caracas ini dimaksudkan untuk mempersiapkan tentara untuk menghadapi misi mereka, mencapai tujuan mereka, dan tentu saja memenangkan pertempuran," ucap Menteri Pertahanan Venezuela, Jenderal Vladimir Padrino Lopez dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, beberapa pejabat militer Venezuela mengatakan, pelatihan yang berlangsung di Caracas hanyalah awal dari serangkaian pelatihan yang akan mereka lakukan. Menurut mereka, dalam beberapa hari ke depan pelatihan juga akan digelar di pantai Karibia dan di sebelah barat Caracas.

"Kami juga akan melakukan uji coba pertahanan udara kami untuk memastikan sistem anti-pesawat kami sudah siap jika diperlukan," ucap para pejabat tersebut dalam kondisi anonim, seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (15/3/2015).

Namun, baik Lopes ataupun para pejabat militer tersebut masih enggan menyebutkan misi apa yang akan diemban oleh anggota militer mereka kelak, yang membuat mereka harus meningkatkan intensitas latihan.

Banyak pihak menduga pelatihan ini dilakukan guna mengantisipasi aksi terselubung yang dilakukan AS terhadap Venezuela.

Presiden Nicolas Maduro sedari awal memang selalu menuduh AS sedang mempersiapkan sebuah langkah, dengan memberikan dukungan kepada beberapa kelompok untuk menggulingkan pemerintahannya.

Related Posts:

0 Response to "Lawan Ancaman AS, Venezuela Siagakan 100.000 Pasukan"

Posting Komentar