ISIS Bom 3 Masjid Syiah Yaman, Tewaskan 142 orang



Pemboman bunuh diri, yang dinyatakan Negara Islam (ISIS) dilakukan oleh anggota IS, di masjid-masjid Syiah di ibu kota negara Yaman menewaskan setidaknya 142 orang. Serangan mengincar jamaah Syiah, termasuk milisi-milisi Syiah Huthi, lapor AFP.

Satu serangan bom bunuh diri menghantam ruangan dalam masjid Badr di Sanaa selatan. Bom bunuh diri ketiga menghantam masjid Al-Hashahush di Sanaa utara.

Televisi Al-Massira milik milisi Huthi melaporkan rumah sakit-rumah sakit di Sanaa ramai membuka pos-pos donor darah.

Imam utama milisi Syiah Huthi Al-Murtada bin Zayd al-Muhatwari, yang juga iman masjid Badr, adalah di antara yang terbunuh, kata satu sumber seperti dilaporkan AFP.

Cuplikan video yang ditayangkan Al-Massira menunjukkan mayat-mayat terbaring di lautan darah di luar masjid itu setelah orang-orang yang tengah salat Jumat melarikan yang terluka ke rumah sakit dengan truk-truk pikap.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Satu serangan bom bunuh diri lainnya terjadi di luar sebuah masjid di basis utama milisi Huthi di Saada, namun aksi ini hanya menewaskan pelaku bom bunuh diri semata.

Syiah Huthi menguasai Sanaa pada September dan sejak itu memperkuat cengkeraman kekuasaannya, namun mereka menghadapi perlawanan sengit dari suku-suku Sunni dan Al-Qaeda, demikian AFP.

Melalui pernyataan dalam jaringan, cabang IS di Sanaa, yang sebelumnya tidak dikenal, menyatakan sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam rangkaian pemboman tersebut dan mengatakan bahwa ini "baru ujung gunung es saja".

ANTARA

Related Posts:

0 Response to "ISIS Bom 3 Masjid Syiah Yaman, Tewaskan 142 orang"

Posting Komentar